PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA SAMARINDA

Jl. Kesuma Bangsa No.1 ,Kel. Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75121

Proses Pembangunan Jembatan Mahakam

Samarinda Bahari    1 tahun yang lalu   
Andri    5466 Kali

Sumber Foto: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda

Jembatan Mahakam (atau Jembatan Mahkota I / Mahakam 1) adalah sebuah jembatan yang dibangun di atas alur Sungai Mahakam yang menghubungkan kawasan Samarinda kota dengan wilayah kecamatan Samarinda Seberang. Jembatan tersebut sangat vital bagi pengguna kendaraan sebagai jalur keluar masuk kendaraan dari dan menuju luar kota Samarinda.

Jembatan Mahakam dimulai persiapan pembangunannya ketika pada:

  • Tanggal 13 April 1982Gubernur Kalimantan Timur Ery Supardjan dan Menteri Pekerjaan Umum Purnomosidi mengikuti tim survei lokasi jembatan Mahakam.
  • Tanggal 6 Oktober 1983Gubernur Kalimantan Timur Soewandi dan Ketua Bappeda Kalimantan Timur Anwar Hanani melaksanakan pemancangan tiang pertama Jembatan Mahakam menandai dimulainya pembangunan jembatan besar yang melintasi sungai Mahakam.
  • Tanggal 4 Oktober 1985Kepala DInas PU Kalimantan Timur Soentoro bersama Pimpinan Proyek Tatang Hendarman dan Kepala bidang Bina Marga Abu Bakar Chered melaksanakan pemasangan baut terakhir yang menandakan akan segera diselesaikannya pelaksanaan Jembatan Mahakam ini.
  • Tanggal 2 Agustus 1986Presiden Soeharto meresmikan jembatan Mahakam bersama Gubernur kalimantan Tmur Soewandi dan Menteri Pekerjaaan Umum Suyono Sosrodarsono.

Jembatan Mahakam memiliki ciri-ciri rangka baja berbentuk segitiga dan tulisan "JEMBATAN MAHAKAM" berbentuk setengah lingkaran. Jembatan dibangun dengan biaya konstruksi Rp 7,2 miliar (US$ = Rp 1.640 pada tahun 1986) oleh kontraktor PT Hutama Karya (Persero) dengan panjang 400 meter, lebar 10 meter dan tinggi sekitar 5 meter di atas permukaan aspal. Jembatan ini memiliki lajur pejalan kaki di sampingnya.

Konstruksi jembatan adalah rangka baja dengan sistem Rangka baja Hollandia Kloos desain berasal dari Belanda menggunakan produksi baja dalam negeri, berupa barisan segitiga sama kaki di kiri dan kanan lorong jembatan. Jarak antara kaki-kaki segitiga adalah 10 meter dengan ketinggian 10,5 meter—termasuk kolong Jembatan Mahakam setinggi 2 meter. Susunan 80 rangka segitiga merupakan “tulang” utama keenam bentang. Barisan itu disatukan oleh tulang baja di bagian atas dan bawah segitiga. Seluruh tulang baja Jembatan Mahakam, jika disusun memanjang, dapat membentang sampai 2,4 kilometer panjangnya.


TINGGALKAN KOMENTAR

Pemerintah Kota Samarinda

DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA SAMARINDA

Jl. Kesuma Bangsa No.1 ,Kel. Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75121

Telp: 0541-
Email: dispursip_smr@gmail.com
Website: https://perpustakaankearsipan.samarindakota.go.id


2025